Pengelolaan Sumber Daya Kelautan secara Berkelanjutan XI
Bismillah,
Assalamuallaikum Wr. Wb.
Ananda yang baik hari ini kita kembali belajar geografi
Bagaimana kabarnya anak-anak ke semua? mudah-mudahan semua dalam keadaan sehat.
Ananda yang baik sebelum lanjut kemateri silahkan mengabsen dahulu pada :
Kelas Bu Dea
https://docs.google.com/forms/d/1LCqCEEZsTcZOEf2F9usKpxryEivSDApCCUoHCWYEjns/edit
Kelas Bu Iim
dan Untuk kelas Bu Dea
Berikutnya kalian Tulis di buku catatan dari materi Berikut ini :
Sumber Daya Laut dan Pengelolaan Sumber Daya Laut Secara Berkelanjutan
1. Sumber Daya Laut
A. Pengertian Sumber Daya Laut
Sumber daya laut merupakan sumber daya yang meliputi, ruang lingkup yang luas yang mencankup kehidupan laut ( flora dan fauna, mulai dari organisme mikroskopis hingga paus pembunuh dan habitat laut ) mulai dari perairan dalam sampai ke daerah pasang surut dipantai dataran tinggi dan daerah muara yang luas. Berbagai orang memanfaatkan dan berinteraksi dengan lingkungan laut mulai dari pelaut, nelayan komersial, pemanen kerang, ilmuwan dan lain-lain. Dan digunakan untuk berbagai kegiatan baik rekreasi, penelitian, industri dan kegiatan lain yang bersifat komersial.
B. Pemanfaatan Sumber Daya Laut
Laut juga termasuk yang banyak sekali memiliki berbagai sumber yang bisa digunakan atau dimanfaatkan bagi manusia yang diantaranya seperti sebagai sumber mineral dan sumber daya nabati.
Sebagai Sumber Mineral
· Garam untuk dapat digunakan untuk keperluan seperti bahan masakan.
· Karbonat diambil dari sebangsa lumut ( potash )
· Fosfat berasal dari tulang-tulang ikan dan kotoran burung yang makanannya ikan bisa dimanfaatkan untuk pupuk.
· Sumber minyak dilepas pantai bisa ditemukan dilaut Jawa, Sumatera, Malaka. Laut Sulawesi dan Laut Cina Selatan.
Sebagai Sumber Daya Nabati
- Rumput laut yang dibudidayakan di wilayah lautan dangkal bisa digunakan untuk bahan pembuatan agar-agar.
- Tumbuhan laut untuk makanan ikan, yaitu plankton, nekton, phytoplankton dan benthos. Kehidupan didalam laut ternyata tidak banyak berbeda dengan keadaan didarat, dilaut juga terdapat makhluk hidup yang terdiri atas tumbuhan laut dan hewan laut.
C. Kehidupan Di Dalam Laut
Kehidupan laut dapat dibedakan menjadi tiga golongan yaitu plankton, nekton dan benthos.
§ Plankton
Plankton ialah gabungan dari jasad-jasad hewan dan tumbuhan bersel satu. Plankton tidak dapat bergerak sendiri, tetapi hidup dengan mengapung dipermukaan atau dekat permukaan air laut maka termasuk golongan pelagis pasif.
§ Mikroplankton terdiri atas : radiolaria (binatang) dan diatome (tumbuhan-tumbuhan) yang memiliki rangka S102, Dan Foraminifera (binatang) yang memiliki rangka CaC03
§ Phytoplankton
Phytoplankton ialah plankton jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup pada kedalam tidak lebih dari 100 m, sehubungan dengan kebutuhan akan sinar matahari untuk proses fotosintesis.
Phytoplankton ialah plankton jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup pada kedalam tidak lebih dari 100 m, sehubungan dengan kebutuhan akan sinar matahari untuk proses fotosintesis.
§ Nekton
Nekton ialah gabungan dari binatang-binatang yang dapat berenang terutama binatang laut. Nekton termasuk golongan pelagis yang bergerak secara aktif. Contohnya : ikan, cumi-cumi, gurita dan lain-lain.
§ Benthos
Benthos ialah organisme laut yang hidupnya terikat didasar laut. Dari golongan ini ada yang hidup merangkak pada dasar laut. Contohnya : cacing laut, tiram, remis. Tetapi ada juga yang menempel pada dasar laut contohnya : rumpul laut, ganggang dan bunga karang.
2. Pengelolaan SDL Secara Berkelanjutan
Secara umum, sasaran pembangunan yang ingin dicapai adalah mulai membaiknyasistem pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Sasaran yang akan dicapai dalam pembangunan kelautan adalah:
a. Menurunnya kegiatan ilegal dan merusak di wilayah laut dan pesisir;
b. Meningkatnya kualitas pengelolaan eksosistem pesisir, laut, dan pulau-pulau kecil secara terpadu, lestari, dan berbasis masyarakat;
c. Meningkat dan berkembangnya kawasan konservasi laut, antara lain melalui pengembangan daerah perlindungan laut;
d. Terwujudnya ekosistem laut dan pesisir yang bersih, sehat, dan produktif;
e. Terintegrasinya pembangunan laut, pesisir, dan daratan dalam satu kesatuan pengembangan wilayah;
f. Berkembangnya riset dan teknologi di bidang kelautan;
g. Percepatan penyelesaian batas laut dengan negara tetangga, terutama Singapura, Malaysia, Timor Leste, Papua New Guinea, dan Filipina; dan
h. Meningkatnya upaya mitigasi bencana alam laut dalam rangka melindungi keselamatan masyarakat yang bekerja di laut dan penduduk yang tinggal di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil
Untuk mencapai sasaran sebagaimana disebutkan di atas, arah kebijakan pembangunan diutamakan untuk mengarusutamakan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan ke seluruh bidang pembangunan. Pembangunan kelautan diarahkan untuk:
a. Mengelola dan mendayagunakan potensi sumber daya laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil secara lestari berbasis masyarakat;
b. Memperkuat pengendalian dan pengawasan dalam pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan;
c. Meningkatkan upaya konservasi laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil serta merehabilitasi ekosistem yang rusak, seperti terumbu karang, mangrove, padang lamun, dan estuaria.
d. Mengendalikan pencemaran dan perusakan lingkungan hidup di wilayah pesisir, laut,perairan tawar (danau, situ, perairan umum), dan pulau-pulau kecil;
e. Menjalin kerjasama regional dan internasional dalam rangka penyelesaian batas laut dengan negara tetangga;
f. Mengembangkan upaya mitigasi lingkungan laut dan pesisir dalam rangka peningkatkan perlindungan keselamatan bekerja dan meminimalkan resiko terhadap bencana alam laut bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil;
g. Mendorong kemitraan dalam rangka meningkatkan peran aktif masyarakat dan swasta dalam pengelolaan sumber daya laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil.
Tugas yang harus dikerjakan :
1. Jelaskan apa yang akan terjadi apabila sumber daya kelautan diekspos secara berlebihan?
2. Jelaskan upaya yang dapat dilakukan oleh anda selaku pelajar untuk menjaga kelestarian sumber daya kelautan yang dimiliki oleh Indonesia?
3. Mengapa sumber daya kelautan harus dikelola secara berkelanjutan?
4. Mengapa masyarakat harus diikutsertakan dalam pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan?
5. Sebutkan tujuan diadakannya pengembangan kelautan yang berkelanjutan?
Jawaban di tulis di buku catatan dan diupload di Google Classroom kode kelas tanyakan kepada guru masing-masing.
Yang sudah mengerjakan silahkan berkomentar " Alhamdulillah saya sudah mengerjakan" disertai dengan nama dan kelasnya
Terima kasih.
Nama : Neng Anggi
ReplyDeleteKelas : XI IPS 5
" Alhamdulillah saya sudah mengerjakan "
Nama:jhodi firmansyah
ReplyDeleteKelas:11 ips 5
"Alhamdulillah selesai"
Nama:Nadya Putri wardani
ReplyDeleteKelas: 11ips 4
"Alhamdulillah saya sudah mengerjakan"
Nama: Megi Amanda Wulandari
ReplyDeleteKelas:XI IPS 4
alhamdulilah saya sudah mengerjakan
NAMA :ROSA NURPARIDA
ReplyDeleteKELAS:XI ips 2
ALHAMDULILLAH SAYA SUDAH MENGERJAKAN
Nama : Moch Rifky Maulidan
ReplyDeleteKelas : XI IPS 3
Alhamdulillah Saya Sudah Mengerjakam
NAMA:NENG TIARA AMELIA
ReplyDeleteKELAS:XI IPS 1
ALHAMDULILAH SAYA SUDAH MENGERJAKAN
Nama:Iksan Fahri Fauzi
ReplyDeleteKelas:XI IPS 2
Alhamdulillah saya sudah mengerjakan
Nama: Zahra Salsabila
ReplyDeleteKelas: XI IPS 5
Alhamdulillah saya sudah mengerjakan
Nama:Ayu Diah
ReplyDeleteKls:XI ips 5
Alhamdulilah saya sudah mengerjakan
Nama:Anisa aulia handayani
ReplyDeleteKelas:Xl ips 4
Alhamdulillah saya sudah mengerjakan
Nama:Silvi Andari
ReplyDeleteKls:XI IPS 4
Alhamdulilah saya sudah mengerjakan
Davina Prasasti Aulia Feliza
ReplyDeleteXI IPS 6
Alhamdulillah saya sudah mengerjakan
ReplyDeleteSinta Nurhaliza
XI IPS 2
Nama:Reno Subagja
ReplyDeleteXI IPS 5
Alhamdulillah saya sudah mengerjakan
Novalda nursepti
ReplyDeleteXI ips 4
Alhamdulillah saya sudah mengerjakan
Dendi Mulyadi - XI IPS 4
ReplyDeleteAlhamdulillah saya sudah mengerjakan
Wida Amelia Putri
ReplyDeleteXI IPS 3
Alhamdulillah saya sudah mengerjakan
Widaningsih
ReplyDeleteXI IPS 1
Asep Erwan
ReplyDeleteXI IPS 6
Alhamdulillah saya sudah mengerjakan
Gita yulia rahil
ReplyDeleteXI IPS 4
Allhamdullillah saya sudah mengerjakan
Zahra Salsabila
ReplyDeleteXI IPS 5
Alhamdulillah saya sudah mengerjakan
Nurhalimah Assyifa
ReplyDeleteXI IPS 4
Alhamdulillah sudah mengerjakan